Laman

Selasa, 10 Desember 2019

Tradisi 'Kasih Nama' di Racana Unsika

[RACUN NEWS] Tradisi membuat nama angkatan di dalam tubuh pramuka unsika sudah berlangsung selama 6 tahun ini. Nama angkatan di setiap tahunnya dipandang sebagai suatu cara jitu dalam memberikan identitas khusus dari setiap angkatannya. Selain itu, nama angkatan juga dipergunakan agar dalam angkatan tersebut memunculkan kisah yang terjadi sehingga sebuah angkatan diberikan nama demikian.
Angkatan Batu Tumpuk

Tradisi memberi nama angkatan ini terceruskan sejak tahun 2014 saat angkatan "Sanggabuana". Mulanya tradisi ini di prakarsai oleh angkatan tahun 2014 yang menamai angkatannya dengan nama “Sanggabuana”. Filosofi nama angkatan 2014 ini dikarenakan area camp saat itu berada di Gunung Sanggabuana, Karawang. Inilah yang menjadikan angkatan ini diberi nama Angkatan "Sanggabuana".
Angkatan Sanggabuana
Angkatan Batu Datar
Sejak pemberian nama angkatan 2014, angkatan selanjutnya mengikuti memberikan nama angkatan, misalkan, angkatan 2015 dengan nama angkatan “Batu Dahu” karena dilantik di tempat pariwisata bernamakan ‘Batu Dahu’, angkatan 2016 dengan nama “Batu Datar”, angkatan 2017 dengan nama "Lapang Dengdek", angkatan 2018 dengan nama angkatan “Batu Tumpuk” dan baru saja di lantik pada tahun 2019 ini memberikan nama angkatannya dengan nama “Perahu Deras” di karenakan saat perkemahan berlangsung, area kemah dilanda hujan deras yang menjadikan nama angkatan pun diberikan nama “Perahu Deras” yang merupakan singkatan dari “Perkemahan Hujan Deras”.
Angkatan Perahu Deras

Angkatan Batu Dahu
Mempermudah mengidentifikasi apa yang terjadi saat agenda Taruna Camp berlangsung menjadikan nama angkatan ini diadakan. Dan juga tradisi ini akan dilakukan turun temurun bersamaan dengan pelantikan angkatan di tahun yang akan datang dan penentuan Ketua angkatan.

Angkatan Pasaribu

Angkatan 2020 dengan nama "Pasaribu" merupakan singkatan dari "Pantai Sedari Bikin Rindu" sebab pelaksanaan TC2020 yang diadakan bulan April 2021 sekaligus kegiatan Napak Tilas di Maqom Nyimas Rara Santang. Taruna Camp ini merupakan kegiatan yang paling berkesan dan juga dramatis karena dilaksanakan di masa Pandemi Covid-19 dan Pantai Sedari, Cibuaya Kab. Karawang  merupakan tujuan kedua setelah pelaksanaannya hanya di kampus Unsika pada Desember 2020 yang pada akhirnya di pending lima bulan karena kampus dalam masa Lock Down Covid-19 (Desember 2020 sampai April 2021).

Angkatan Kaki Nyandung

Angkatan 2021 dengan nama "Kaki Nyandung" merupakan singkatan dari "Karang Kitri Nyamuk Berdengung" sebab pelaksanaan TC2021 yang diadakan bulan Desember 2021 merupakan kegiatan yang cukup berkesan dan menarik pasalnya dilaksanakan saat Pandemi Covid-19 dinyatakan Endemik dan lokasi tersebut banyak sekali nyamuk saat malam hari tiba, saking banyaknya sampai berdengung jelas lantunan kepakan sayap ribuan nyamuk yang berterbangan. Kegiatan berlangsung di Bumi Perkemahan Karang Kitri, Desa Karangmulya Kec. Bojongmangu Kab. Bekasi.



0 komentar:

Posting Komentar